Chemkey Software Pencari Jurnal

ChemKey Search Database adalah salah satu dari banyak software kemoinformatik pencari jurnal-jurnal kimia. ChemKey dikeluarkan oleh File Maker.Inc sejak tahun 1984. Dalam software ini, tertanggal pada bulan November 2011 memiliki 120000 referensi. Referensi-referensi tersebut diseleksi dari tahun 1962 sampai 2008 oleh Padwa group. Dalam database ini terdapat daftar dari referensi yang mencakup sintesis organik, metodologi, heterosiklik, reaktif intermediate, organometalik, photochemistry, sintesis asimetri, teori dan banyak lainnya.

Untuk mencari jurnal kita dapat memasukkan judul yang akan dicari ataupun lewat keywordnya. Kita juga dapat memilah –milah jurnal sesuai dengan tahun keluarnya. Namun karena software ini berasal dari luar negeri dan berisi jurnal-jurnal berbahasa inggris maka keyword yang digunakan juga harus menggunakan bahasa inggris. Sebagai contoh jika kita ingin mencari sintesis maka keyword yang kita masukkan bukan sistesis organik namun organic synthesis.

Dilihat dari tampilan hasil pencarian, terdapat nomor referensi, majalah yang menerbitkan jurnal, tanggal keluaran jurnal, keyword, abstrak, dan tentunya judul dari jurnal tersebut. Sehingga untuk mencari isi jurnalnya, kita dapat mencari jurnal tersebut lewat search engine dengan menuliskan judul jurnal tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk mengetahui fitur-fitur lain dari software ini silahkan anda coba sendiri. Software ini dapat anda download di http://www.relaq.mx/RLQ/cgi-bin/Chemkey09.exe

# Fikri Rachmadani Ichsan
10/300231/PA/13185

 

, , , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan komentar