IUPAC International Chemica Identifier (InChI)

IUPAC International Chemical Identifier atau yang biasa dikenal dengan sebutan “InChI” adalah sebuah aplikasi sederhana yang berfungsi untuk mengidentifikasi substan kimia. InChI dapat memberikan berbagai informasi tentang sebuah substan meliputi konektivitas atom dan ikatannya, informasi tautomer, isotop, stereokimia, dan informasi muatan elektron.
Kerja InChi berdasarkan kepada database yang ada pada aplikasi ini sendiri. Dengan kata lain, aplikasi ini tidak perlu terhubung ke internet. Aplikasi ini bekerja dengan cara mengidentifikasi struktur molekul. Seperti aplikasi pada umumnya yang menggunakan database, InChI juga mempunyai kelemahan. Kelemahan itu adalah jika struktur yang dimasukkan tidak sesuai dengan data yang ada pada database, maka aplikasi tidak dapat mengidentifikasinya.
Aplikasi ini tidak dapat dijalankan jika tak ada struktur yang dimasukkan. Untuk menggambar struktur dapat digunakan ISIS/Draw atau ACD/ChemSketch lalu copy-paste ke jendela InChI. Di dalam aplikasi ini telah diberikan beberapa sampel struktur yang digunakan untuk memberikan gambaran bagaimana aplikasi ini berfungsi.
Keunggulannya adalah aplikasi ini dapat dijalankan pada OS Windows maupun Linux. Namun diperlukan sedikit pembiasaan dalam menjalankan aplikasi ini karena informasi tentang struktur tidak secara eksplisit tertulis. Secara keseluruhan, aplikasi ini sangat membantu terutama dalam bidang kemoinformatika dimana informasi tentang sebuah substan atau struktur sangat dibutuhkan.
Untuk info yang lebih detail bisa dilihat di http://www.inchi-trust.org/ atau penjelasan lebih sederhana di http://en.wikipedia.org/wiki/International_Chemical_Identifier

Ditulis oleh Febriarmono UP (13239)

, ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan komentar